F1 GP Emilia Romagna: Hamilton Menang, Mercedes Sah Juara Konstruktor

Posted on

 

 

Lewis Hamilton jadi juara Formulasi 1 GP Emilia Romagna 2020. Hasil ini ikut pastikan Mercedes selaku juara konstruktor F1 ke-7 kalinya secara berturut-turut.
Di circuit Imola, Valtteri Bottas (Mercedes) yang start dari grid satu langsung melejit di muka. Max Verstappen (Red Bull Racing) susul di urutan ke-2, mendahului Lewis Hamilton (Mercedes) yang turun ke urutan ke-3.

Kejadian terjadi di lap pertama. Mobil Kevin Magnussen (Haas) alami spin, membuat ada di posisi paling akhir. Tetapi sesudahnya Lance Stroll (Racing Poin) menubruk mobil Esteban Ocon (Renault), membuat wing depan mobilnya patah dan harus ke pit. Stroll dapat kembali pada track, tetapi di posisi paling akhir.

Bencana tiba buat Pierre Gasly (AlphaTauri) di lap kesembilan. Power unit mobilnya alami masalah, membuat jadi pembalap pertama yang retired. Saat itu, posisi tiga besar tetap tidak berbeda.

Di lap ke-18, wing depan mobil Daniil Kvyat (AlphaTauri) sempat sentuh ban belakang mobil Alexander Albon (Red Bull Racing), tetapi tidak ada kerusakan bermakna dan ke-2 nya lagi meluncur.

Di lap ke-19, Verstappen masuk di pit untuk menukar ban dan kembali pada track dengan ada di posisi ke-3 . Bottas masuk pit di lap selanjutnya, tetapi masuk di trek dengan tempati posisi ke-2 . Hamilton ambil status paling depan, dan dia belum masuk pit.

Di lap ke-29, gantian Ocon yang perlu retired. Ada permasalahan di kopling mobilnya, nampak asap keluar dari mobilnya di tepi track.

Hamilton pada akhirnya masuk pit di lap ke-31, tetapi keunggulan lebih dari 30 detik atas Bottas membuat masih menjaga urutan kesatu saat kembali pada track, walau sisa keunggulan seputar 4 detik dari Bottas.

Di lap ke-38, Hamilton mulai memperlebar jarak dengan Bottas jadi 8 detik. Verstappen mengikuti Bottas, dalam jarak ke-2 nya kurang dari 1 detik.

Verstappen mendahului Bottas di lap ke-43! Bottas sempat melebar keluar trek, Verstappen juga ambil peluang untuk melekat dan mendahuluinya.

Ouch! Verstappen alami spin! Di lap ke-51, ban kanan mobilnya pecah. Dia tidak dapat meneruskan lomba. Bendera kuning dikibarkan, safety car masuk. Bottas kembali pada urutan ke-2, diikuti Daniel Ricciardo (Renault).

Kejadian tidak stop di situ. George Russell (Williams) alami jatuh dan menubruk pemisah disamping kiri di lap ke-53. Magnussen awalnya juga retired, tersisa 15 driver di trek.

Balapan diteruskan di lap ke-58, kejadian masih berlangsung. Kesempatan ini mobil Albon yang alami spin. Dia dapat lanjut, tetapi turun di posisi paling akhir.

Di beberapa lap akhir, Hamilton tidak terhentikan dan sukses finish di posisi pertama. Bottas dan Ricciardo lengkapi tiga besar, diikuti Kvyat dan Charles Leclerc (Ferrari) di urutan ke-4 dan ke-5.

Finishnya Hamilton dan Bottas di dua besar pastikan Mercedes selaku juara konstruktor Formulasi 1 2020. Dengan koleksi 478 point, Red Bull Racing yang baru kumpulkan 226 point tidak bisa memburu di empat seri sisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *