Ducati Juara Dunia Konstruktor, Mengakhiri Duopoli Honda-Yamaha

Posted on

 

Kesuksesan Ducati juara dunia konstruktor MotoGP 2020 sekalian akhiri hegemoni Honda dan Yamaha yang sepanjang belasan tahun munculkan duopoli gelar itu.
Ducati sukses pastikan titel juara dunia di bidang pabrikasi setelah MotoGP Portugal 2020, seri terakhir musim ini, di Portimao, Minggu (23/11/2020) malam WIB. Ada Jack Miller (Pramac Ducati) yang sukses finish di urutan ke-2.

Keseluruhan 221 point sukses dihimpun Ducati untuk menempati posisi teratas klasemen konstruktor, di atas Yamaha (204) dan Suzuki (202). Ducati sekalian gagalkan Suzuki, juara dunia pembalap dan team, lengkapi Triple Crown.

Kesuksesan Ducati juara dunia konstruktor MotoGP 2020 ini sebenarnya tidak terlepas dari pemotongan 50 point buat Yamaha selaku wujud ancaman.

Buat Ducati, ini adalah titel juara dunia konstruktor yang ke-2 di gelaran balap motor grand prix. Sebelumnya, titel juara sukses direngkuh Ducati di tahun 2007 melalui tindakan ridernya yang jadi jawara, Casey Stoner.

Semenjak itu, sepanjang 12 musim beruntun, titel juara dunia konstruktor MotoGP teratur munculkan nama Honda dan Yamaha selaku juara. Rinciannya, empat buat Yamaha dan delapan buat Honda — terhitung empat musim berturut-turut sebelumnya.

Di kelas 500cc/MotoGP sendiri, Honda telah mempunyai 25 titel juara dunia konstruktor yang disebut gelar paling banyak. Sesaat Yamaha mengumpulkan 14 gelar, hanya kalah atas Honda dan MV Agusta (16).

Kemudian, titel juara dunia konstruktor di kelas 500cc/MotoGP juga 7x dicapai Suzuki, Gilera 4x, Norton dan Ducati semasing 2x, dan 1x oleh AJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *